Selasa, 25 Desember 2012

wisata bandung selatan

Bandung selatan lebih dikenal sebagai sentra kegiatan agro wisata (pertanian dan perkebunan teh di Rancabali, Ciwidey, Malabar, Pangalengan dan Gununghalu), Wisata Tirta (Situ Patenggang dan Situ Cileunca) dan Wana Wisata (Kawah Kamojang, kawah Putih dan air panas Cimanggu).

Daerah Wisata Ciwidey merupakan daerah tujuan wisata yang cukup lengkap di Bagian Selatan Kabupaten Bandung, di samping Pangalengan dengan objek wisata Situ Cileunca-nya, Agro wisata Malabar, dan objek objek wisata lainnya.
Berikut adalah beberapa tempat wisata yang ada di Bandung bagian selatan:
Dan lainnya..


Peta ini dinamis dan bisa anda rubah disesuaikan dengan lokasi tempat anda berada dan tujuan yang anda inginkan. Bacalah terlebih dahulu petunjuk yang ada di kolom sebelah kanan untuk memudahkan penggunaannya.
Situ Patengan
Situ Patenggang Bandung
Merupakan sebuah danau alam yang terletak di perkebunan teh Ranca Bali, berjarak sekitar 47 Km dari kota Bandung. Merupakan kawasan wisata yang berudara sejuk dan segar, sangat jauh dari polusi. Di pinggir danau terdapat banyak perahu yang dapat disewa untuk wisatawan mengelilingi danau dan menuju Batu Cinta.
Traveler Tips : Mengunjungi tempat ini sebaiknya di pagi hari sampai dengan siang hari, karena di sore hari biasanya kabut sudah turun. Kabut di situ patengan sangat pekat bahkan jarak pandang bisa hanya 1-2 meter saja sehingga tidak akan terlihat pemandangan apa-apa. Untuk sewa perahu mengelilingi danau sebaiknya anda melakukan tawar menawar harga terlebih dahulu. Biasanya harga yang ditawarkan sektar Rp 10.000 s/d Rp. 15.000 / orang. Baca Selanjutnya..
Kawah Putih
Kawah Putih
Masih terletak di kawasan Ranca Bali, berjarak sekitar 44 Km dari kota Bandung atau tepatnya di desa Sugih, kecamatan Pasir Jambu. Kawah Putih adalah sebuah danau kawah dari gunung Patuha dengan ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut. Kawah ini merupakan salah satu kawah dengan kadar keasaman belerang tertinggi di dunia, oleh sebab itulah pemerintah kolonial Belanda pernah membangun pabrik belerang di tempat ini.
Keunikan objek wisata ini adalah kawahnya yang berwarna putih bisa berubah warna sesuai dengan kadar belerang, udara di sini sangat dingin bahkan bisa mencapai 0- 2 derajat celcius di musim-musim tertentu.
Traveler Tips : Sama seperti Situ Patengan pada sore hari di Kawah Putih biasanya turun kabut yang sangat pekat. Di samping itu kadar belerang menjadi sangat tinggi sehingga kawah ini sering ditutup pada sore hari. Baca selanjutnya..
Ranca Upas
Ranca Upas
Sebuah komplek bumi perkemahan yang ada di sekitar areal tanaman Eucalyptus, sejenis tanaman yang berasal dari benua Australia. Kawasan ini berjarak 45 Km dari pusat kota Bandung, dan terletak di ketinggian 1.700 meter dari permukaan laut, dengan suhu udara rata-rata 18 derajat celcius. Di tempat ini juga terdapat penangkaran rusa yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Baca Selanjutnya..

  • uprit 081.224.741.450
    dangkoen 082.121.221.935  
    denz 081.221.881.619 
Buah Strawberry
Wisata petik strawberry saat ini merupakan wisata yang sangat digemari oleh wisatawan.
Strawberry merupakan produk agrowisata unggulan dari kabupaten Bandung, khususnya di daerah Ciwidey. Di daerah ini terdapat banyak sekali kebun strawberry tradisional sampai dengan kebun dengan pengelolaan profesional. Anda bebas memilih kebun mana yang anda senangi dan memetik sendiri langsung.
Traveler Tips : Strawberry kualitas baik justru terdapat di luar musim hujan, karena sifatnya yang mudah rusak / busuk jika sering terkena air hujan. Apabila anda berkunjung di saat musim hujan, sebaiknya memilih kebun strawberry yang tertutup / menggunakan green house.
Cimanggu
Daerah Ciwidey sangat kaya dengan sumber air panas alami. Salah satunya dimanfaatkan oleh perum perhutani sebagai kolam renang Cimanggu. Kolam Cimanggu memiliki fasilitas parkir yang luas, tempat bermain anak-anak, dll.
Ciwalini
Seperti halnya Cimanggu, Ciwalini juga memanfaatkan pelimpahnya sumber mata air panas alam. Kolam renang ini berada di lingkungan perkebunan teh Walini yang sejuk.
Traveler Tips : Cimanggu kolam dan area parkirnya luas + dilengkapi dengan tempat bermain anak-anak, tetapi ciwalini memiliki air yang lebih jernih..
Situ Cileunca
Situ Cileunca adalah sebuah danau yang ada di daerah Pangalengan. Danau ini merupakan danau buatan yang luasnya 1.400 Hektar dengan dikelilingi bukit-bukit dan berlatar belakang pegunungan.
Selain berfungsi sebagai objek wisata yang menarik, situ Cileunca juga berfungsi sebagai sumber air bagi pembangkit tenaga listrik. Air dari danau dialirkan melalui sungai Palayangan, yang juga sering digunakan sebagai arena ber-arung jeram / rafting. Peket rafting di sungai Palayangan klik di sini..
Pekebunan Teh Malabar
Gunung Malabar yang memiliki pesona alam perkebunan teh dengan udara yang sejuk alami, sangatlah cocok untuk kegiatan olah raga jalan kaki / tea walk sambil ber rekreasi. Di tengah-tengah perkebunan terdapat macam-macam bangunan kuno yang masih terawat dengan baik, seperti guest house, perumahan administratur perkebunan pada masa penjajahan sampai dengan makam K.A.R. BOSSCHA.
Pemandian Air Panas Cibolang
Sebuah wana wisata pemandian air panas alam yang terletak di dalam hutan rimba berbatasan dengan kebun teh. Terletak di kaki gunung Wayang pada ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut, dengan suhu berkisar 18 derajat celcius. Sangat cocok untuk wisata keluarga dengan fasilitas yang cukup lengkap.
Paket Wisata Ke Bandung Selatan
Untuk keluarga yang akan berkunjung ke kota Bandung, kami menyediakan paket rental wisata yang lebih fleksibel, atau paket rental mobil.

Bumi Perkemahan Ranca Upas.

Ranca Upas terletak tidak terlalu jauh dari pintu masuk objek wisata Kawah putih. Tempat ini merupakan sebuah arena perkemahan yang banyak ditumbuhi pohon ekaliptus dan terdapat penangkaran rusa. Berbeda dengan binatang yang ada di Kebun Binatang Bandung, rusa dibiarkan hidup bebas di area yang cukup luas, dimana terdapat bangunan kayu memanjang untuk pengunjung dapat mengamatinya. Udara di sini dingin dan segar, hening dan jauh dari kebisingan dan polusi kota besar.


Ranca upas sudah dilengkapi oleh fasilitas yang cukup memadai seperti kamar mandi umum dan sarana beribadah Mesjid. Juga terdapat arena outbound dan penyewaan kendaraan ATV.


Di akhir pekan banyak terdapat mobil dengan tenda yang menginap di sini, sepertinya merupakan alternatif liburan lain selain menginap di hotel. Anda ingin menikmati dinginnya udara Ciwidey, segarnya udara pegunungan dengan pemandangan yang indah? Silahkan mencobanya..


Transportasi & Akomodasi.
Bumi perkemahan Ranca Upas berjarak sekitar 41 Km dari pusat kota Bandung, tidak terlalu jauh dari lokasi objek wisata Kawah Putih. Lihat peta rute jalan Bandung menuju Kawah putih mungkin bisa membantu anda. Apabila anda ingin menggunakan kendaraan umum, anda harus menuju terminal Ciwidey menggunakan Bus atau Elf dari terminal Leuwi Panjang dengan tarif sekitar Rp. 6.000, kemudian dilanjutkan menggunakan angkot langsung ke pintu masuk bumi perkemahan (banyak terdapat di terminal Ciwidey) dengan tarif sekitar Rp.5.000.


Terdapat beberapa hotel yang cukup memadai di sekitar Ciwidey seperti Sindang Reret, Bungalow Kampoeng Strawberry dan penginapan lainnya. Untuk fasilitas yang lebih lengkap, anda bisa mencarinya di kota Bandung. Kami menyarankan anda untuk terlebih dahulu mencari & membooking hotel yang anda inginkan beberapa hari sebelum keberangkatan, anda bisa mencarinya di sini.

Beberapa foto diambil dari Ranca Upas, klik untuk memperbesar.





Ranca Upas
uprit 081.224.741.450
dangkoen 082.121.221.935  
denz 081.221.881.619 

    Potensi Wisata Cimanggu

    Kawasan Taman Wisata Alam Cimanggu termasuk dalam tipe hujan tropis dataran tinggi dan memiliki hutan alam dengan pohon yang cukup banyak jenisnya yaitu : puspa (Schima wallichii), rasamala (Altingia excelsia), pasang (Querqus sp), kihujan (Ebgelhardia serrata), kitembaga (Eugenia cuprea), saninten (Castanopsis argentea), baros (Magleatea glauca), pinus (Pinus mercusii), kayu putih (Eucalyptus) dan lain-lain.
    Sebagai ciri dari hujan tropis, jenis-jenis epifit dan liana serta beberapa jenis anggrek dapat kita temui, antara lain anggrek kadaka (Drynaria spp), anggrek japati (Phalaenopsis spp) dan kumpai (Lycopodium carimatum). Liana yang terdapat pada kawasan ini mayoritas berkayu serta mempunyai batang yang panjang, besar dan memanjat sampai ke tajuk-tajuk pohon.
    Dengan berbagai floranya, kawasan Taman Wisata Alam Cimanggu merupakan habitat yang cocok bagi kehidupan satwa-satwa liar. Jenis satwa liar yang dapat dijumpai pada kawasan ini antara lain Surili (Presbytis comata), babi hutan (Sus vitatus), rusa (Cervus timorensis), kancil (Tragulus javanica), macan kumbang (Panthera pardus), kijang (Muntiacus muntjak), ayam hutan (Galus gallus dan gallus varius). Sedangkan jenis-jenis burung yang dapat dijumpai antara lain burung belibis (Dendro sygna javanica), tekukur (Screptopelia chinensis), gagak (Carpus enca), serta burung pipit (Lonchura leucogastroides).
    Objek wisata alam yang terdapat di kawasan TWA Cimanggu, diantaranya :
    1. Sumber Air Panas
    Terdapat sumber air panas yang dapat dijadikan sebagai daya tarik tersediri bagi kegiatan wisata. Sumber air panas di kawasan ini terdapat di lokasi Cimanggu, Ranca Upas dan Gunung Tunduh.
    2. Makam Keramat
    Makam keramat Sangiang Buruan sampai saat ini banyak dikunjungi orang dari daerah lain di Pulau Jawa baik muda mudi maupun orang tua dengan maksud untuk berziarah. Di makam keramat tersebut terdapat sembilan makam diantaranya makam Eyang Jaga Reksa, makam Eyang Jambrong, makam Eyang Dalem Kusuma, makam Eyang Raden Sakembaran, makam Eyang Sanga Waringin, makam Eyang Giling Pangancing dan makam Eyang Istri.

    3.

    Rate Taman Wisata Alam CIMANGGU

    EUCALYPTUS COTTAGE
    Fasilitas : 1 kmr tidur, 1 kmr mandi, SPA (air panas), ruang tamu+ sofa, dapur,
    kapasitas : 4 orang ; maksimal 8 orang, jumlah cottage : 2 unit.
    Harga : Rp.500.000,- (weekday) ; Rp.550.000,- (weekend)

    CEMARA COTTAGE
    Fasilitas : 2 kmr tidur, 1 kmr mandi (bath tub), ruang tamu+sofa, dapur, teras, kapasitas : 4 orang ; maksimal 6 orang, Jumlah cottage : 2 unit.
    Harga : Rp.400.000,- (weekday) ; Rp.450.000,- (weekend)
    PINUS COTTAGE
    Fasilitas : 1 kmr tidur, 1 kmr mandi, ruang tamu, dapur, teras, kapasitas : 2 orang ; maksimal 6 orang , Jumlah cottage : 2 unit,
    Harga : Rp.300.000,- (weekday) ; Rp.350.000,- (weekend)
    SUREN COTTAGE
    Fasilitas : 1 bed, 1 kmr mandi, kapasitas : 2 orang ; maksimal 3 orang Jumlah cottage : 2 unit.
    Harga : Rp.200.000,- (weekday) ; Rp.250.000,- (weekend)
    EXTRA BED : Rp.25.000,-/bed/malam

    TICKET
    Tiket Masuk Orang : Rp.13.000,- + asuransi
     
    uprit 081.224.741.450
    dangkoen 082.121.221.935  
    denz 081.221.881.619 

    Pemandian Air Panas Ciwalini

    Libur panjang lebaran adalah saat yang paling tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Berlibur ke tempat wisata contohnya. Itulah juga yang saya rencanakan. Tidak pikir panjang, saya mengajak adik-adik untuk mengunjungi kawasan wisata ciwidey. Banyak yang bisa dikunjungi, seperti Kawah Putih, Situ Patengang, tempat pemandian air panas ciwalini cimanggu dan kebun stroberi yang bisa petik sendiri.  Dengan membawa perlengkapan lengkap dan makanan seadanya, kami semua bersiapan untuk menikmati hangat dan sejuknya pemandian air panas Ciwalini.

    Ciwalini adalah tempat pemandian air panas yang letak kolamnya di tengah-tengah kebun teh. Air panasnya alami, karena berasal dari alam. Tidak hanya kolam air panas, kita juga bisa menjumpai tempat berendam pribadi, Cottage, Bungalow, Pusat Informasi, Taman bermain keluarga, toilet, tempat parkir yang cukup luas, dan beberapa fasilitas lainnya.


    Ciwalini terletak di kawasan wisata Ciwidey. Jika sudah di Bandung atau dari Jakarta, keluarlah melalui tol Kopo langsung menuju arah soreang hingga Ciwidey. Perjalanan diperkirakan sekitar 1-1.5 jam jika lancar.  Hati-hati dengan jalanan yang menanjak dan berkolak-kelok serta terjal ketika masuk daerah Ciwidey.

    Sesampainya di gerbang masuk Ciwalini, pengunjung akan dikenakan biaya masuk. Harga tiket masuk Ciwalini ini beragam.

    Perorangan : Rp. 12.000
    Motor : Rp. 2.000
    Mobil : Rp. 5000
    Bus/Truck : Rp. 25.000
    Wisman : Rp 20.000
    (update bulan mei 2012)
    Pengunjung akan dikenakan tarif ektra untuk masuk ke kolam 2 Rp. 5.000/org dan harga yang sama untuk masuk ke kamar rendam. Harga yang cukup terjangkau membuat Ciwalini jadi tempat wisata favorit keluarga di daerah Bandung Selatan.

    Agar tidak terlalu ramai, kunjungi Ciwalini di hari libur biasa atau di hari biasa. Karena akan sangat penuh ketika libur panjang tiba. Jangan lupa bawa oleh-oleh strowbery untuk dimakan di jalan atau buah tangan buat keluarga di rumah. Biasanya banyak penjaja Strowbery di pintu masuk atau are parkir.

    *sumber gambar : http://www.southbandung.com/ciwalini.html
    • uprit 081.224.741.450
      dangkoen 082.121.221.935  
      denz 081.221.881.619 

      1 komentar:

      1. Ke kota ternate jelajahi tempat wisatanya yang keren-keren yuk, jika butuh mobil hubungi kami di website <<<<<<

        BalasHapus

       
       
      Blogger Templates